Xenia vs Ertiga : Pilih Mana Ya?

2 Jul 2013

Xenia vs Ertiga, pilih mana? Baca dulu.

xenia-vs-ertiga

xenia-vs-ertiga

Persaingan antara kendaraan keluarga kelas low-MPV di Indonesia dari tahun ke tahun semakin ramai dan kompetitif. Beragam fitur dan keunggulan pun disematkan oleh tiap-tiap pabrikan pada mobil-mobil andalan mereka guna menarik perhatian para konsumennya. Mulai dari desain eksterior yang modern dan terkesan lebih mewah hingga interior yang lebih luas dan nyaman disertai dengan beragam perangkat hiburan didalamnya.

Alhasil, para konsumen sepertinya semakin dimanjakan oleh pilihan mobil keluarga yang semakin beragam, modern dan mewah tersebut. Disisi lain, konsumen pun menjadi sulit untuk menentukan mobil mana yang terbaik untuk digunakan sebagai mobil keluarga pilihan mereka karena masing-masing pilihan memiliki keunggulannya tersendiri. Guna menilik beragam keunggulan yang tersemat pada mobil serbaguna untuk keluarga ini, berikut rewiew singkat komparasi mengenai keunggulan dan kekurangan mobil low-MPV di Indonesia yang diwakili oleh Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga.

Seperti kita ketahui bahwa Daihatsu Xenia merupakan salah satu mobil keluarga terpopuler di Indonesia hingga saat ini. Hadir pada tahun 2003, Xenia dipasarkan pula oleh pabrikan mobil Toyota dengan nama Avanza, dan sejak saat itu keduanya langsung disukai dan diminati oleh keluarga Indonesia. Bahkan. dapat dikatakan bahwa mobil 7 penumpang dari Daihatsu ini merupakan mobil pertama yang menawarkan fleksibilitas / keserbagunaan (multipurpose) lebih dari sebuah mobil keluarga. Adapun Suzuki Ertiga merupakan mobil keluarga yang baru hadir dan memasuki pasar tanah air pada pertengahan tahun 2012. Kehadirannya memang ditujukan guna menandingi Xenia-Avanza yang telah merajai pasar mobil low-MPV di Indonesia.

Xenia vs Ertiga : Eksterior
Desain yang kompak merupakan ciri khas dari sebuah mobil keluarga serbaguna. Hal itu pula yang diterapkan oleh Daihatsu pada Xenia sejak awal kehadirannya. Dimensi yang tidak terlalu besar namun cukup luas untuk memuat semua anggota keluarga sepertinya memang menjadi patokan utama. Tidak hanya itu, Daihatsu pun terus mengembangkan desain Eksterior Xenia hingga menjadi apa yang hadir saat ini.

Perubahan yang cukup drastis pada eksterior Xenia terjadi pada 2012 yang lalu melalui tagline All New Xenia. Desain yang modern dengan lekukan-lekukan bodi aerodinamis menambah kesan Xenia sebagai mobil keluarga masa kini yang tidak hanya elegan dan modern tetapi juga dinamis.

Desain yang modern dari mobil keluarga yang satu ini ternyata tidak hanya sekedar sebagai pemanja mata. Namun lebih dari itu, memiliki nilai fungsional yang lebih tinggi. Posisi grill misalnya, dipasang lebih tinggi untuk menyesuaikan posisi mesin yang juga lebih tinggi dari para kompetitornya, sehingga Xenia lebih aman ketika melintasi genangan air, bahkan hingga 50 cm.

Adapun Suzuki ertiga, memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan dengan Xenia, sehingga menjadikannya kurang lincah ukarena memiliki radius putar yang lebih besar pula. Dan untuk eksterior, desain Ertiga merupakan desain terapan dari Suzuki Swift yang memang sudah tidak asing lagi. Meskipun samasama modern jika dibandingkan dengan Xenia, namun Ertiga terkesan monoton karena adanya unsur Swift tersebut.

Xenia vs Ertiga : Interior
Pada bagian interior, kabin All New Xenia saat ini terasa makin mewah dan elegan, khususnya dengan adanya penerapan silver ornament dibeberapa bagiannya. Kombinasi warna silver tersebut pun mampu memberikan nuansa yang lebih fresh dan stylish pada bagian interior mobil yang masih menjadi pilihan nomor 1 keluarga Indonesia ini.

Tidak hanya berhenti disana, penggunaan kursi yang lebih tebal, kualitas kulit terbaik dan posisi kursi yang dapat diatur maju-mundur secara independent sesuai kebutuhan pun mampu memberikan rasa nyaman yang lebih bagi siapapun yang berada didalamnya. Hebatnya, maskipun kursi lebih tebal, ruang gerak untuk kaki dan kepala masih tetap lega dan nyaman.

Kenyamanan lebih dapat dirasakan pada All new Xenia melalui adanya fitur Audio dan perangkat AC Double Blower dengan Upper Air Vent yang mampu membuat kabin lebih cepat dingin dengan merata.

Pada Suzuki Ertiga, kursi yang digunakan sama-sama memiliki ketebalan yang cukup, namun ruang gerak terasa tidak seluas pada Xenia. Kesan mewah, stylish dan nyaman ruang kabin pada mobil low-MPV andalan Suzuki ini pun tidak melebihi apa yang terdapat pada Xenia. Begitu pula dengan perangkat audio dan AC yang terdapat didalamnya.

Xenia vs Ertiga : Fitur
Fitur-fitur yang terdapat pada sebuah mobil kategori multipurpose sangatlah berarti meskipun kecil. Daihastu sepetinya paham betul akan hal tersebut. Melalui pengalaman panjangnya, Xenia mampu menyuguhkan setiap kebutuhan yang diperlukan guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Setidaknya ada 10 fitur utama pada Xenia yang berkaitan dengan sisi kenyamanan dan keamanan. Dan hal itu pula yang menjadi keunggulan Xenia pada generasi terbarunya saat ini yang hadir dengan slogan X-Tra Aman dan X-Tra Nyaman.

X-Tra Aman
Demi meningkatkan faktor X-Tra Aman, Daihatsu membekali All New Xenia dengan beragam fitur keamanan yang didasarkan pada teknologi terkini. Diantaranya, Dual SRS Airbag, Seat belt Pretensioner dan Force Limiter, Knee Pad, Collapsible Brake Pedal, Collapsible Steering Column dan Body Reinforcement.

Semua fitur kemanan yang diaplikasikan tersebut telah memiliki Sertifikasi dari ASEAN New Car Assessment Program (NCAP) sehingga terjamin kualitas dan keunggulannya.

X-Tra Nyaman
Sedangkan untuk menambah unsure kenyamanan, All New Xenia dilengkapi dengan New Interior Design yang lebih fresh dan stylish. Ditambah beragam fitur lain seperti kursi dengan bahan berkualitas dan tidak membatasi ruang gerak, AC Double Blower dengan Upper Air Vent yang membuat ruang lebih cepat sejuk, perangkat Audio 2 DIN dengan fitur lengkap AM FM, DVD, CD, MP3, GPS dan USB Touchscreen, khusus di tipe R Sporty dan Attivo dan Cabin Air Filter yang membuat udara di dalam kabin selalu bersih.

Selain itu Xenia juga dilengkapi dengan Noise Vibration Level yang mampu membawa kenyamanan dan ketenangan lebih di dalam kabin.
Adapun fitur-fitur yang melengkapi Suzuki Ertiga, selain fitur hiburan standar yang tak kalah bagus dari Xenia seperti fiturhead unit audio 2 DIN untuk CD, MP3, USB Aux plus radio AM/FM dan lainnya, fitur keamanan yang tersemat didalamnya pun belum selengkap All New Daihatsu Xenia. Bahkan sepertinya masih belum memiliki Sertifikasi dari ASEAN New Car Assessment Program (NCAP) seperti yang telah dimiliki Xenia.

Hal lain dari keseluruhan perbandingan diatas dan juga tak kalah penting, khususnya untuk kondisi kota seperti Jakarta, adalah Ground Clearance dan Suspension.

Xenia memiliki Ground Clearance yang lebih tinggi dibandingkan dengan Suzuki Ertiga. Kondisi tersebut menyebabkan performa Xenia lebih baik pada jalanan yang berlubang dan rusak tanpa menyebabkan body bagian bawah mentok, sehingga Xenia masih tetap memberikan performa yang optimal di berbagai kondisi jalan.

Adapun mengenai suspensi, Xenia memiliki suspensi yang lebih panjang dibandingkan Ertiga. Hal tersebut pula yang menjadikan performa Xenia menjadi lebih baik pada jalan yang bergelombang. Sementara pada Ertiga, saat melintasi jalan yang bergelombang, cenderung tidak stabil terutama pada roda belakang yang akan terangkat karena suspensinya yang lebih pendek.

So pilih mana? Terserah Anda.


TAGS Xenia vs Ertiga all new xenia suzuki ertiga komparasi


Comment
  • JEGER 2 years ago

    Saya bingung sama diri saya…. Enakan milih Supra x atau Supra fit?

  • rick 2 years ago

    plus minus sih,
    kalo saya, punya ketiga merk itu. avanza/xenia/ertiga. kalo ada rezeki mau nambah mobilio ni.
    jadi ga perlu ribut.. hhahah

  • syariffudin 2 years ago

    Xenia dan avanza memang nol kwalitas, gw beli bulan 9/2014 dan kemarin nabrak motor masa bodi depqn dan sasis bengkok. Parah deh kwalitasnya

  • xxx 2 years ago

    Kalo menurut saya, kita objektif aja deh.., yang mempunyai jam terbang lebih banyak dan sudah terbukti kehandalanya ya.. Xenia, apalagi jalan diIndonesia banyak yang rusak, bergelombang dan tanjakan curam

  • Kliwon Johnson 2 years ago

    huwahhhahahahah…., sesama LMPV dilarang saling mencaci….., Pamali…, sadarlah wahai saudara-saudariku, baru dikasih anugrah LMPV saja anda-anda udah cerewet, tukang pitnah, pikiran kotor, ….., tanda-tanda kurang bersyukur dan mudah sombong.

    ane gak bisa bayangin andai kalian-kalian dianugerahi High SUV apalagi mobil Sport !!

    Panteslah kalo anda hanya di level LMPV….,

  • ??? 2 years ago

    di syukurin aja apa yg di punya mau ANA/ANX, Ertiga, Honda Mobilio, Sama2 punya kelemahan, cuma tinggal kebutuhan nya aja, jika orang kota mending pilih r3 atau honda mobilio, kalau tinggal di dekat penggunangan ( banyak tanjakan & jalan rusak) mending pilih avanza / xenia. Semoga bermanfaat ^_^

  • ateng 2 years ago

    Mobil di bawah 200jt aja pada ribet!
    Sama2 orang menengah kebawah jgn pd ngoceh. Masalah kenyamanan dll itu urusan sendiri2 bos, ga ada mobil yg sempurna, semua pasti ada kelebihan kekurangan. Pada cari musuh aja ente

  • jeffery 2 years ago

    Tapi bagaimanapun keduanya tdk ada yang mampu menandingi kenyamanan dan keamanan Citroen GS buatan antara th 1974 s/d 1996, yg promosinya berani meletuskan salah satu ban depan saat melaju dgn kecepatan 60 km/jam, melepas salah satu ban belakang dan mobil tetep bisa jalan normal, ketinggian mobil bisa disetel naik turun sesuai kondisi jalan, ground clearence selalu tetap walau diberi beban yg berbeda selama masih dalam toleransi beban maximum.

  • Smithe131 2 years ago

    Because here is a list of multiplayer games cgeabadbgkcggkae

  • amor 2 years ago

    auw

  • sales girl 2 years ago

    pilih gue dong

  • indra 3 years ago

    xenia mobil murah, pake logika dong bro…. ertiga nyaman. harga gk bohong. xenia ditiup pake mulut aja goyang sana-sini tuh bodnya

  • Halo 3 years ago

    Mobilio itu kesukaan ibu ibu .Xenia Mobil tai/penghuni neraka Ertiga dong mobilnya Obama

  • Numark 3 years ago

    Gue pake mobil R3 tua taon 2001, maksudnya Nissan Skyline GT R34 2001, lari 200km/h ngga melayang tuh, 0 sampe 100 kpj cukup 5 detik aja tuh….. mesin standar twin turbo charger bawaan pabrik. Handling ok banget…. ngga pake imobilizer, ngga pake airbag, cuma ada ABS doang. Maklum mobil tua…….. om, tante, mas, mbak… udah jangan ribut, mobil dibawah 200jutaan jangan pada ngarep banyak…..

  • two cool 3 years ago

    Saran saya bagi yang punya duit pas2an beli aj xenia. Klo ada lebih belikan aja fortuner krn gak nyesel beli fortuner…

  • putri desika 3 years ago

    - lebih aman ertiga , ada immobilizernya tdk sekedar alrm.., Kapan xenia & avanza brani pake?,
    - radio tape ok bgt ertiga, mewah sekelas sedan,…Kapan xenia & avanza spt itu?
    - hanya kurangnya ertiga penggerak roda belakang, radak takut kalo nanjak, hehe, xenia & avanzaa kapan brani penggerak roda depan?

    jadi pertimbangkan kalo mau beli sesuai selera…,klo saya jatuh cinta dgn ertiga dan sdh beli…, krn sy tidak takut lagi mau parkir dimana.., aman dgn imobilizernya hehe,

    dulu sy py cenia, sll was2 klo mau parkir dimana ajah..krn teknologinya msh kurang, sll was2 & tdk aman ditinggal, hehe maaf ya pecinta cenia..,

    andai cenia berani psg imobilizer, mgkin sy akan pertirtimbangkan beli ertiga,

    now…i loved ertiga….

  • Nada 3 years ago

    Xenia hrga jual second msh tinggi,,,r3 hra jual second murah gx ada untungnya ..

  • dwica 3 years ago

    pilih ap y

  • brow 3 years ago

    Klo gue pilih isuzu panther pick up aja, larinya, suspensi ama handlingnya maknyusss… udah pake turbo lagi, dan bisa buat cari duit… hehehe

  • ab 3 years ago

    Menurut saya lebih pilih avanza dibanding xenia.karena kl ertiga itu buat bawa keluarga sempit si ruang tengah apalg di bangku belakang.dan roda penggerak mesin di dpn jadi kaki2 itu mudah rusak untuk menompang mesin berat.memang r3 lbh unggul dri segalanya dibanding avanza xenia.kl soal kenyamaan saya lbh suka sm livina karena r3 kerja sama dri nisan livina.ertiga kl didaerah pegunungan kewalahan untuk menanjak.karena dia menggunakan 2WD lbh baik avanza lgpula ertiga mbl pertama kali keluaran suzuki.banyak permasalahan mbl2 suzuki di bwh 200jt semua tergantung anda memilih

  • indi 3 years ago

    saya pilih yang koment aza deh hahaha lucu- lucu

  • wahyu 3 years ago

    Hahahahhaha
    Syukur lo ertiga,mampus dikalahin ama mobilio,untung ane bli mobilio prestige white,mantap dah,cvt 5 percepatan,ertiga??matik jaman batu,mesin 118 dk ertiga apaam????prettt lahhh. Kalau kalian gag percaya,monggo mampir kerumah saya,kita kopdar lah…..

  • anti sales gombal 3 years ago

    Pasti yg nulis sales daihatsu sampe2 memutarbalikkan fakta.

  • hafid 3 years ago

    Range Rover Evoque 2012 Mobil Impian Ane Gan . heheheh

  • rajo 3 years ago

    semua itu disesuaikan dengan keperluan masing2 bro

  • hakimtea 3 years ago

    Even if happiness forgets you a little bit, never completely forget about it.

  • batagor 3 years ago

    All things are difficult before they are easy

  • browniesku 3 years ago

    I have seen the future and it doesn’t work.

  • davia leather 3 years ago

    History is the version of past events that people have decided to agree upon.

  • Alin dettho 3 years ago

    Hahaha…
    Kalah srimulat!!!

  • tozca leather 3 years ago

    Before borrowing cash issued from a friend it is really far better to pick which you will need most.

  • buruh 3 years ago

    NB klo mw yg tahan ato kuat bt tabrakanane saranin bl stum z d jamin g da yg ngalahin..slmt mncoba

  • buruh 3 years ago

    Terserah konsumen mw pilih avanza,xenia,ertiga ataupn yg skrg lg ngetrend dr honda mobilio masing2 pny klbhn & kekrngny nmnny jga mbl d bwh 200jtn yg jelas bt ane slh stu dr pilihn tsb ane yg supply part ane kn buruh pbrk syukur2 sh smuanya pd laku keras biar ane bs lmbr trus biar bs byr angsrn innova bekas ane slmt mmlh

  • earfunz 3 years ago

    udah pernah coba keduanya, jauh banget bedanya, xenia/avanza cuma menang di jalan keriting, soal kenyamanan, fitur, ertiga jagonya, perjalanan 350km nyaman sekali, cuma ada satu yang paling susah dari ertiga susah gimana cara menghabiskan bensinnya A.K.A irit banget

  • mandala 3 years ago

    Tp er3 menggunakan penggerak roda depan,n kurang efisien d saat tanjakan apalagi d tambah bebesserabn penumpapang,gk brtenaga boz,,KT y Mobil keluarga ya harus mengutamakan keamanan Dan kenyamanan dong,bukan buat kebut2an di tol,,,
    Avanza walo kaleng krupuk menggunakan penggerak roda belakang,ditambah dngn sistem body sassis (goa) yg berfungsi menyerap benturan ketika terjadi tabrakan,,JD gk langsung ringsek ke dalam,,,!!!!!!!!!

  • dYz. 3 years ago

    Whk,, dasar sales malas,,,,malah PDA ribut d sni ,,svp lo tuh dah ngomel2 lg kere ordwranya dikit

  • bang jali 3 years ago

    Iya bro… Kenyamanan, trendy dan kestabilan R3 lebih unggul. Karena basis R3 dr new swift jadi memang lebih nyaman dan stabil rasanya, seperti bawa sedan.

    Bagus Suzuki R3

  • capunk\'s 3 years ago

    saya pilih katana, bisa naik gunung..

  • iyan 3 years ago

    ane pilih r3, xenia kaya naik gerobak dipakein mesin……..

  • achmad 3 years ago
  • hasan 3 years ago

    Ane pilih Kijang Krista Diesel gan..
    Lebih mak nyuussss

  • cinta 3 years ago

    Aq dari bontang ~ kaltim, lebih suka ertiga… walaupun jalan naik turun gunung… ertiga mantabbbbbbbbbb

  • dermauli sartika 3 years ago

    saya pilih pacar saya karena lbih nyaman dan lebih terpercaya kuaitasnya……

  • iqbal 3 years ago

    Saya pilih xenia dibanding ertiga ::

  • kursi mebel 3 years ago

    sama” bagus ..

  • joey-satria 3 years ago

    Saya hanya bisa bilang semua tergantung kantong anda.
    Saya pernah bekerja di PT.Daihatsu sebagai Quality inspection.
    Dan saya tahu benar bagaimana xenia dan avanza di tes,perhatikan under body,perhatikan kunci backdoor yg selalu bisa dibuka oleh maling.
    Masalah kenyamanan dan aman saya pilih ertiga,karena saya tahu betul avanza xenia,masalah lari betul drmikian bila kita bawa lari dgn kecepatsn diatas 120km/jam akan terasa labil bergoyang,dan itu di akui oleh semua quality dept.Dan coba cek masalah dengan engine mounting yg bila mesin di start akan goyang,mobil baru tdk karena sudah di perbaiki,namun bila sudah dikonsument diantara 1-2 thn akan terjadi goyang.bukannya saya menjelekan avanza xenia namun demikian adanya.
    Walau saya mantan pekerja pt tersebut,pada akhirnya saya membeli ertiga pada 4-10-2012 dan saya telah uji kemampuan sebagai anak quality antara ertiga avanza dan xenia.
    Ertiga lebih unggul
    Salam buat erci

  • Green 3 years ago

    semuanya gak enak. Gak bsa dimakan.

  • onyok 3 years ago

    Dua2 nya enak ko…Ane pengguna Xenia deluxe airbag, & bibi ane pengguna R3 GX..
    klo untuk keseharian sih ane seneng pake xenia, entah kenapa…
    kalo untuk perjalanan jauh enak pake R3 soalnya ane pernah tukeran mobil hehehe
    lebih ke selera aja sih sebenernya

  • dodolgarut 3 years ago

    Saya berencana ganti mobil dg pilihan avanza/xenia atau ertiga. Tapi nampaknya ertiga yg akan kami bawa pulang…. Bye avanza/xenia

  • rosi 3 years ago

    Udah ga usah ribut kalian.pengen enak naik mbl.eropa saja itupun blm tentu slamet.kendaraan dng bandrol segitu relatiflah sama2 lumayan

  • Cak Noer 3 years ago

    Dikantor saya dapat new avanza. Tangguh untuk dibawa keluar kota. Tidak boros tapi juga tidak irit.
    Untuk kelurga saya pilih ertiga gx.
    Jadi kompak tuh dua duanya di garasi kalo malam hari..

  • ciprut 3 years ago

    Tepuk tangan untuk penulis nya , karna sudah membuat publik tergerak untuk mengomen tulisan anda , dan dapat memancing banyak komen dr masing” mobil. Dg begitu sang pembaca yangg bingung u mmbeli xenia ato r3 bisa menilai dr comen” yng ada , bukan dr tulisan anda ,

  • bayu 3 years ago

    Sepakat mas.. Setuju.!!

  • tanaja 3 years ago

    wau .. gw jadi bingung , Gw sekarang pakai honda jazz , tua tahun 2006 , dipakai selama 7 tahun lebih , nyaman tidak ada masalah , paling ganti ban , dan kopling Kilometer sudah 120rb , cuma mobil sudah tua , jadi kepengen yang fresh .

    tanya saudara sana-sini , pilihan avanza , xenia , ertiga , pada saranin Ertiga ,
    pernah baca avanza dan xenia ,as nya pakai las jadi ngeri , akhir suzuki tapi masih ragu dengan suzuki karena selama ini pakai honda jazz cukup puas , akhir mantap ambil ertiga .. eh dengar dengar Honda mau keluarin Mobilio , dengan Harga 150 s/d 180 juta.
    mesin 1500cc

    jadi bikin gw tambah galau , mana desember ini ertiga kasih diskon besar lagi , tapi mobilio belum tau harganya , jika mobilio harga sekitar 160 juta , pasti langsung pilih honda mobilio mana mesin 1500 cc

  • Ferdi 3 years ago

    Wakaka, pengalaman nih bray, gue pernah jalan2 ama pacar gw naik ertiga, eh gue pusing dan didepan ertiga gue ada truk gede bgt. Ertiga gue nabrak bray, tapi ajaibnya gue ama pacar gue gak kenapa napa!! Cuma ertiganya aja yg agak lecet itupun gak keliatan padahal tumburan nya oarah broh, itu truk gede langsung ancur penyot bagian belakangnya. Airbag nya berfungsi lho bray, gue ama pacar gue selamat dan gak ada luka sedikitpun
    Tapi tante gue make xenia numbur pohon aja udah ancur bagian depan nya kaca nya pecah bray, airbagnya kagak berfungsi. Tante gue ampe geger otak!! Gila tuh xenia parah mobil ecek ecek, sama truk samlah aja masih bagusan truk sampah. Xenia jelek bray jangan dibeli, kalo lo beli berarti lo mau aja dibego in ama sales nya.

  • syafina 3 years ago

    Suzuki ertiga ac udah double blower, immobilizer key, rem ada ABS dan EBD, interior mewah dengan bahan berkualitas, kontrol audio dikemudi, dual airbag, bodi keren dan kuat. Kalo xenia? Bodi kaleng kerupuk, interior biasa aja malahan terkesan murahan, ac single blower trus ga ada immobilizer kalo kemalingan mampus tuh!! Gak ada abs lagi. Xenia jelek amat, sama mobil truk sampah aja masih menang truk sampah. Kualitas abal abal, harga nya mahal. Mending ertiga deh.

  • Syafinna 3 years ago

    R3 lbih bgus lah, AC udh Double blower, immobilizer key, rem ada ABS sama EBD, Dual SRS airbag, irit bensin, body nya keren, interior nya mewah, kontrol audio di kemudi. bagasi luas. Kalau xenia? Bodi kaleng kerupuk, ditumbur sepeda aja penyot. AC belom double blower, rem ga ada ABS sama EBD, gak ada immobilizer key, kalo kemalingan mampus tuh !! Interiornya murahan, plastik semua. Xenia kuno ah, jelek banget. Kalo orang pinter pasti milihnya ertiga. Mobilnya berkelas, xenia mah apaan mobil murahan mahal harga doang.

  • xenia rongsokan 3 years ago

    masih mau beli xenia mobil rongsokan mesin butut itu? Yakin? Mau bngt nih ketipu ama salesnya. Suzuki ertiga mantap tuh, ada immobilizer key, tau immobilizer kan? Xenia apa ?! Ada gak ? Itu yg disebut X-TRA aman? Preet, X-tra peluang kemalingan iya kali. Jadiin barang buruk aja tuh sekalian. Beli mahal mahal, cuma dapet fitur abal abal. Ah xenia bobrok, mobil rongsok. Paling dua tahun lagi dah lenyap nih mobil. Dikalahkan sama SUZUKI ERTIGA. Xenia buang aja kelaut .

  • netral 3 years ago

    Saya netral, tapi pandangan saya saja ulasan R3 vs xenia di atas sangat berat sebelah dan tidak obyektif.
    Terlihat sekali yang membuat artikel sales daihatshu,
    Menurut saya R3 dan xenia sama2 bagus dan mempunyai ke unggulan sendiri. Xenia bagus dan sudah teruji, sedangkan R3 pendatang baru yang sangat menarik dengan mempunyai kelebihan2 di banding xenia, sehingga penjualan nya laku.

    Jika mau membuat artikel perbandingan harap obyektif sehingga arikel tersebut bermanfaat bagi banyak orang yang mmbutuhkan referensi untuk perbandingan.
    Sepakat ???!!. Terimakasih.

  • namiraku 3 years ago

    thanks buat komen2nya.. jng lupa kunjungi and komen jg di sini y; http://namiraku.blogdetik.com/2013/11/29/mobil-sedan-corolla-pesona-toyota-dari-masa-ke-masa/

  • Supir Angkot 3 years ago

    Sizuki Ertiga mesinya mesin Angkot. Bagus Xenia kemana-mana lagh secara Daihatsu itu saudaranya Toyota Brand No.1 didunia.
    Xenia buat santai jalan keluarga mewah bgt, buat offroad juga bisa.
    Ertiga buat santai juga mewah, tapi nangis dijalan rusak.
    Xenia kuat nanjak, tahan banjir, mesin Daihatsu teruji puluhan tahun.
    Ertiga loyo nanjak, ga tahan banjir, mesin Suzuki buat angkot aja cepat rusak.
    Xenia sangat komplit, ada tv monitor, gps, sensor parkir, air bag, Ac dobel blower, irit dan ramah lingkungan.
    Ertiga ga ada tv monitor, ga ada gps dan ga ada sensor parkir, Ac singel blower, lumayan irit kaya angkot.
    Xenia nyaman, mantaf, dipakai jutaan orang.
    Ertiga belum teruji

  • No Name 3 years ago

    jelas ertiga lah lebih bagus.. Xeniancur avanzalay itu mobil burukan, menang merk doang… Bilangnya tangguh, numbur batang pohon aja penyok .. Fitur keamanan tuh ertiga keren abis, desainnya keren, lha si xeniancur apaan ??? Hanya orang goblok bin tolol yg milih xeniancur.. Udh gitu avanzalay xeniancur kan udah pasaran,, gak eksklusif lagi dah. Goblok nih orang yg lebih milih xenialay udah jelas-jelas ERTIGA lebih bagus. Goblok !!

  • ertiga mania 3 years ago

    ERTIGA MANTEP.. TERBUKTI.. MALEM2 GW MABOK AMA TEMEN2 TIBA G SDAR GW NABRAK TAKSI.. HEBATNYA LG ERTIGA BODI NYA MSH UTUH ( cuma baret cat nya doank ) STLAH SAYA LIAT BAGASI DR TAKSI ITU RINGSEK PDHAL LAMBANG NYA ” T ” TP KOK GITU… APALAGI YG LAMBANG NYA ” D ‘???? GW PERNAH K BROMO NAIK ERTIGA, TARIKAN MATEP, BERTENAGA ( TORSI BESAR ), IRIT JG… JD GW G KEPIKIRAN BENSIN DEH…

  • XELOZ 3 years ago

    Jujur 1 tahun yg lalu tepatnya akhir 2012 saya bingung mo pilih All New Xenia atau R3..wktu itu saya hanya mengesampingkan harga,cashback,ready stock,serta ac double blower (krn R3 di tahun 2012 blm ada ac double blower) & tanpa test drive keduanya
    Akhirnya pilihan saya jatuh ke All New Xenia krn unit ready,cashback tinggi+program banyak bgt,ac double blower
    Kl saat itu R3 ready stock (saya disuruh indent minimal nunggu 3 bulan) & sudah ada ac double blower di tahun 2012 kemungkinan saya jadinya ambil R3

  • darklord 3 years ago

    Saya akhir taun ini niat ganti mobil,mobil sblumnya mazda 323 interplay,mobil tua tapi nyaman dan stabil..saya coba test drive ANA dan R3,saya langsung putusin ambil r3 fun to drive seperti mazda,meski cuman diskon 9jt..thx

  • aldian 3 years ago

    Disyukuri sj punya slh satu dr ke-3 nya, mobil dibwh 200jt msk low mpv jd kwalitas dan specknya mirip2. Sm2 mobil jepang ya rasanya sm sj. Ga tau dh kalo chev spin…

  • BAMBANG 3 years ago

    AKU PILAH ERTIGA ! POKO’E ERTIGA TITIK! BABAR PISAN GGAK MAU AMA SI NIA.

  • AGUS 3 years ago

    buat kalian sales mobil r3 gak usah ngunggulin jualan mobil kalian klaw kecelakaan bkln sama2 ringsek gak hanya xenia ataw avanza doank ..klaw r3 kecelakaan g ringsek tuh bru diunggul2in … dasar orng2 bodoh bisanya cuma komen g bisa bikin juga klaw g suka ya udah diem maw beli honda,suzuki,daihatsu,toyota itu trgantung selera ..kalian itu sales r3 cuma profokator supya bnyak yg beli r3 ..mulut kalian di sekap uang brpa sich????g berpendidikan bngt kalian pada lulusan universitaskan???mikir donk ???
    DAASAARRR!!!!!!!

  • bayu 3 years ago

    Mas mas mbak mbak, permisi.
    jujur saya dlu pecinta xenia avanza lho, tp semenjak r3 sdh ad, saya lgsg jth cinta sm r3, lbh unggul dr xenia avanza. Apalagi performnya waduh 150 km/jam msh tenang ajj tuh

  • Cah Semarang 3 years ago

    Kenapa pada ribut ya ???? lha mbok biar aja……. masing-masing punya penilaian, tingkat merasakan kenyamanan masing-masing orang berbeda, kondisi mobil satu dengan lainnya juga berbeda ( meskipun merk sama ), kemampuan orang masing-masing berbeda, kenapa harus diributin ????? Mau penjualannya nyalip pesawat, ya mbok biar aja….. karena ane yakin, yang akan membeli pasti sudah membandingkan antara harga, fitur, spare part, dan discount serta hadiah….. semua sama saja koq, nggak ada yang lebih hebat. yang penting hati-hati dalam berlalulintas, jangan sampai mencelakai diri sendiri dan orang lain. Itu yang dinamakan nyaman dan aman mas Broo………..

  • Cah Semarang 3 years ago

    Kenapa pada ribut ya ???? lha mbok biar aja……. masing-masing punya penilaian, tingkat merasakan kenyamanan masing-masing orang berbeda, kondisi mobil satu dengan lainnya juga berbeda ( meskipun merk sama ), kemampuan orang masing-masing berbeda, kenapa harus diributin ????? Mau penjualannya nyalip pesawat, ya mbok biar aja….. karena saya ane yakin, yang akan membeli pasti sudah membandingkan antara harga, fitur, spare part, dan discount serta hadiah….. semua sama saja koq, nggak ada yang lebih hebat. yang penting hati-hati dalam berlalulintas, jangan sampai mencelakai diri sendiri dan orang lain. Itu yang dinamakan nyaman dan aman mas Broo………..

  • SUPERVISOR 3 years ago

    woii.. sudah!!

    sales2 jangan pada ribut..

    yang xenia lah, ertiga lah.. apa2an semua,..

    bukannya cari prospek malah pada nongkrong di warnet..

    ingat target kalian, jualan yang banyak, karena semakin banyak kalian para sales jualan maka komisi yang saya terima sebagai supervisor juga jadi tambah banyak kan..?

    yang jelas menurut data gaikindo penjualan ertiga sudah menyalip penjualan xenia

    sekian dan terima kasih

  • Ayok Nurtjahjo 3 years ago

    Untuk mas arif. Pilih aja yg kualitas dan fasilitas ok. Jangan pilih merk. Contoh…Hyundai laris di Jerman krn kualitas dan fasilitas mobil mereka bagus. Padahal org jerman itu sangat merk minded dan tekhnology. Tapi Hyundai bs masuk. Berarti Hyundai hebat kan tuh. Andai ada topgear indonesia….atpm indonesia pasti banyak yg kebakaran jenggot. Krn di topgear….mobil harga milyaran dibilang gak enak…berasarkan test dan harga

  • W.C.H 3 years ago

    Kalo saran saya ambil bmw m3 aja gan, top performance

  • arief 3 years ago

    Agan-agan,

    Waduh ane jadi binun nie soalnya dalam waktu dekat mau beli mbl pilih satu diantara tiga itu…jadi sarannya yang mana ya….makasih semuanya nie

  • Samijo 3 years ago

    yang ngisi banyakyang bukan konsumen tapi salesman

  • reda 3 years ago

    Ertiga jauh lebih bagus dari xenia
    Gua udah pernah tes run sama xenia lari ertiga jauh lebih kencang apalagi tarikan eriga mantap

  • bukan sapa2 3 years ago

    pilih inopah aja ah..

  • Anton 3 years ago

    Ini sie tulisan bukan perbandingan, cm pernah bawa Avxen baru 2011. Dibejek 160 aja dah limbung sana kemari… Bener2 ngeri euy… Tp bawa ertiga ga berasa angka di speedo memasuki 180 di jagorawi, tanpa ada limbung… Jadi tulisan di atas mang bukan membandingkan, melainkan mengunggulkan 1 produk… Tidak sesuai dengan judul yg dibuatnya…

  • Aktifis_HAM 3 years ago

    Gw pernah pake ketiganya….Avanza, Xenia, R3
    Enak aja kok semuanya kalo dah pas ngendarainnya. Kalo kemewahan dan fitur mang R3 unggul cuma tampilan belakangnya menurut saya kurang greget. 2 kembar juga ga enak diliat dr samping. Apapun mobilnya tergantung yg dimana anda dapat kenyamananya. R3 enak dibawa ngebut (mgkn agak rendah jadi cukup stabil) kalo kembar emang rada was2 (avanza gw mesti pasang stabilizer biar lebih stabil). So…semua kembali ke anda semua…

  • anti seles kaleng kembar 3 years ago

    lebih aman mana ertiga atau kaleng kembar?
    simpel saja, ertiga itu swift yang di panjangkan bodynya, swift boleh masuk eropa tentu sudah teruji aman dari test tabrakan versi eropa dan crumple zone nya berfungsi.

    avanza xenia itu hasil ngarang bebas pabrik di indonesia. lebih penting eletrik miror radio tape dan aksesioris dari pada crumple zone, makanya cuma bisa masuk pasar afrika china dan malay, ga bakalan bisa masuk eropa atau amerika. pabrik sini tau diri ga bakalan berani ekspor ke us dan eropa.

    gua ngomong begini karena kasihan sama rakyat indonesia yang dibodohi pabrikan yang cari untung keterlaluan dan pemerintahnya ga perduli/masa bodoh dengan nasib rakyatnya.

  • anti seles kaleng kembar 3 years ago

    @alexander pito
    lbh enak buat manuver,jln bergelombang nyaman <- ketahuan bohong,sparepart suzuki mahal<- sales toyota ngeles bilang part suzuki lebih mahal, biasanya oli mesin juga ikut berkurang significant lho,sampai2 saya hrs bawa oli mesin cadangan buat Escudo saya.<- koplak ente, mesin escudo/vitara g16 versi tahun 90 memang ring sehernya ga rapet, tapi jangan dipukul rata, malah lebih parah daihatsu, espass, zebra, taruna, feroza, itu mesinnya semua gampang keropos blok mesinnya. sebagai bukti hingga saat ini Xenia tetap lbh banyak di jalanan.<- xenia jualan dah bertahun tahun, ente kalau mau bandingin liat dong penjualan pertahun versi gaikindo, itu xenia sudah disalip penjualannya.

  • alexander pito 3 years ago

    Saya sebelumnya pemakai suzuki mulai escudo sampai R3.tapi begitu nyobain Xenia temen,woww ternyata lbh enak buat manuver,jln bergelombang nyaman,krn di Sby jln bergelombang,bolong2 masih banyak brow.sparepart suzuki mahal,dan biasanya oli mesin juga ikut berkurang significant lho,sampai2 saya hrs bawa oli mesin cadangan buat Escudo saya.saat nya bagi saya beralih ke Xenia.anda terserah,tergantung selera masing2.sebagai bukti hingga saat ini Xenia tetap lbh banyak di jalanan.

  • Adhi 3 years ago

    Mau xenia avanza ataupun r3 sama saja tergantung selera. Mang klo gw beli xenia ente ente yg bayarin kagak kan.. ngapain ribut 2 soal selera..gw yakin klo ente ente pada beduit beduit gak bakalan milih ketga tiga nya kan.

  • aldian 4 years ago

    Sy pengguna all new xenia 1.3 2023, sy pilih xenia krn berdasarkan nilai ekonomisnya. Dgn hrg 155jt sdh dpt ac double, abs dan fitur lainnya beda dgn r3 type ga dan avanza type e yg blm ada fitur yg sy sebutkan td. Interior jauh lbh bagus dan nyaman dr versi sblmnya begitu jg exteriornya jg lbh stylis dan aerodinamis. Untuk kecepatan 120km pun body msh manteng ga joget ky avanza 2010 punya kantor. Satu lg jaminan mesin sdh terbukti tangguh dan mudah petawatannya. Semua tergantung dr selera dan kemampuan msng2.

  • Nanbu plastics 4 years ago

    oh enak xenia to. tapi ia loh enak xenia soalnya spare partnya banyak nih di tempat and kerja.. tapi kelihatannya ganteng ertiga ya. supir2 di pabrik jg pada bilang kalo ertiga enaknya hampir sama kaya livina. tapi spare partnya g semahal livina. kalo xenia irit tapi kalo lagi sepi penumpang limbung euy. berasa bgt. tapi kalo soal kelistrikan xenia pt.yazaki g perlu diragukan lagi. tapi material plasticsnya ertiga sama karimun wagon R. mahal loh pp aplxxx

  • anton 4 years ago

    Yang jelas sama sama mobil kaleng , mending innova second deh , di tol ngga limbung dan mantap.
    - Ertiga lebih empuk dan lebis stabil tapi ampun bodinya ditabrak sepeda aja penyoknya ga karuan

  • boe 4 years ago

    Xtra aman apanya ? emang kl tabarkan airbag langsung bledos ??? hampir semua mobil yg punya perangkat itu, TIDAK BISA MEMASTIKAN, kalau tabrakan lsg meledak air bag-nya meskipun kena disensornya,,, yg jelas mobil dengan sasis dan plat yg lebih kuat, adalah pelindung pasif, yg siap bekerja menahan benturan. Gimana kalau bodi kaleng krupuk, air bag dan chasis sama mlesek,,,,aduhhh,,,,

    Ground clearance tinggi, unggul dijalan jelek,,,memang pilih jalan yang jelek, dari rata2 anda bepergian berapa persen melintas di jalan jelek ? hayo jujur….dan dijalan jelekpun pasti anda pelan2 to apa sikat terus,,,,??? belum lagi ground clearance tinggi pasti LIMBUNG bos…

    dua mobil itu yg sama2 top grade, ERTIGA lebih banyak fiturnya, misal immobilizer kunci, body control modul, drive by wire mana ada di Xenia,,,,

    Ertiga 150km/jam masih napak mantap dijalan,,,, xenia 120km/jam goyang2,,,,

  • jimi 4 years ago

    Ketika membaca judul tulisan ini saya sangat tertarik untuk mengetahui isinya, dan setelah saya selesaikan membaca saya merasa ada hal-hal yang penulis tidak obyektif dalam memberikan penilaian, dan sangat terkesan penulis adalah pro Xenia. dan sudah pasti tulisan ini menjadi kontroversi.

    buat saya, ketika melihat ke dalam (interior) antara Ertiga VS Xenia, sy merasa R3 lebih mewah dan kesan mewahnya langsung dapet di banding Xenia. selanjutnya suspensi buat saya Xenia lebih baik, saya pernah test drive R3 dan Xenia dalam kondisi jalan yang sama dan rute yang sama, hasilnya R3 sangat tidak nyaman untuk kondisi jalan yang bergelombang atau jalan yang penuh dengan bebatuan. Kenyamanan, Xenia jauh leih baik, R3 sempit banget gan dan kursi tidak bisa di lipet. Fitur Keselamatan ya sama ajalah… SEBETULNYA banyak yg ingin saya utarakan tp apa daya mata ngantuk sudah, pada kesimpulannya saya hanya ingin katakan bahwa buat saya XENIA lebih baik dari R3.

  • odie 4 years ago

    tulisan di atas sah2 aja sih..soalnya mungkin ditulis sesuai isi hati penulis saja..jadi sah saja klo mau lebih suka xenia..sah saja klo suka avanza..atau sah saja klo lebih seneng ertiga..berhubung yang nulis kayaknya cenderung suka xenia jadi xenianya yang diunggulin..hehe
    tapi ane yakin kok klo skarang buyer lebih smart..tau memilih mobil mana yang lebih bagus dan pas dengan keinginan masing2..baik dari sisi eksterior..interior..engine..maupun safety..

    Klo ane sih emang baru2 cari2 mobil..dan sempet test drive avanza..xenia..ertiga..
    ane lebih worthed sama ertiga..ane selama ini pake carens ii yang menurut ane mobil yang sangat nyaman sekali buat keluarga..setelah bertahun2 pake carens ii ane ngerasa avanza dan xenia enggak ngalahin carens ii..klo ane ambil xenia brarti secara kenyamanan ane downgrade..

    tapi mencoba ertiga…hmmm…kenyamanan setara dengan carens ii..suspensi oke..fitur oke..
    tapi enggak ada yang salah dengan avanza dan xenia..cuman ane lebih milih ertiga..hehe

    silahkan memilih yang terbaik untuk anda sendiri… :-)

  • febi 4 years ago

    Ertiga jauh lebih oke bro…..jangan promo produk lu yg sudah terlindas

  • Hadi 4 years ago

    saya di kantor dapet mobl operasional ertiga … rasanya itu sudah cukup bukti buat saya jika akhirnya saya pilih xenia attivo buat mobil pribadi di rumah.
    soal kenyamanan dan stabilitas emang so-so lah … ertiga cuma kenceng kalo di tol doang, tapi xenia lbh oke buat manuver terutama di saat2 yang tidak terduga apalagi belokan curam dan tanjakan. trus soal bensin juga xenia gw lebih irit.

    terserah ente mau bilang apa, tapi menrt gw New Xenia jauh lbh oke drpd ertiga, dan gw setuju dg ulasan diatas. Puas punya New Xenia

  • horotokono 4 years ago

    bung, sudah nyoba ertiga? Saya beli 1 tahun yang lalu setelah mencoba test drive avanza, xenia dan ertiga. Dan saya mencobanya bersama oemilik rental yang memiliki xenia dan avanza, saya dan dia berkesimpulan: soal handling, kenyamanan, ekonomis dan keamanan sebagai mobil pribadi ERTIGA lebih baik. Tapi untuk rental Xania Anaza mungkin lebih tahan banting karena ground clearance dan suspensi sedikit lebih tinggi, dan ideal untuk sopir2 kasar.

  • petroek 4 years ago

    siapa bilang r3 limbung klo dipake 100 km/jam…? dibawa 150 km/jam aja masih anteng tuh…entah klo merk laennya, makanya test drive dulu gan baru komentar…
    siapa bilang kursi r3 sama ketebalannya ma xenia…??
    siapa bilang fitur keamanan r3 sama ma xenia…??
    jangan ngibul gan ah…..

  • OB 4 years ago

    itu yg ngomong sales yg lagi sepi order, abis Ceunia skarng lesu orderannya, kan skarang banyak yg lebih cantik lagi….kasihan deh Ceunia…….diobral aja diskon 50 % pasti banyak yg beli…..hik..hikk..hikk.

  • ogut 4 years ago

    mobil dgn hrga di bwh 200jt sama aja semuanya, banyak kurangnya.
    ertiga, xenia, avanza, dll yg sekelasnya sama aja limbung smua kalo kecepatan diatas 100km/jam, rem blakang smua ms tromol, saya mah netral aja.
    pilihan tergantung pembeli aja lebi suka model yg mana hehe

  • endang 4 years ago

    Kalau komentator ga Netral, gini nich jadinya. . . . apa sudah diiming-imingi Xenia baru kalee ya

  • star 4 years ago

    kayanya bukan fanboy.. sales astra mungkin.. keliatan banget ga proporsional tulisannya… hehe…

  • fitri 4 years ago

    Betuuuuul bngt komeny diatas tu….dr pertama keluar Xenia/av, sy gak tertarik sm sekali tu…begitu ertiga keluar, lgsg tertarik n beli……jempol dech bt ertiga

  • e.r.y 4 years ago

    dari tulisan anda sepertinya anda fanboy Xenia. Saya ambil kata kata dari tulisan anda aja ya.
    Xenia X-tra Aman. emang Xenia udah immobilizer? anda tau kan fungsi immobilizer? yakin berani ninggalin mobil berhari hari cuma modal alarm doang? Punya batang baja di 4 pintunya? Ingat lho, kecelakaan gak cuma bisa terjadi dari depan doang. Anda yakin berani ngegas sampe 160km gak limbung? rem ABS dan EBD? Cakramnya aja cuma satu dan gak ventilated. Apa jangan jangan anda gak tau? coba cek dan bandingin sama mobil-mobil laen deh, gak cuma ertiga aja. Anda taukan rem adalah perangkat keselamatan aktif vital, bukan Airbag? Satu lagi, anda tau kalo Xenia as roda belakangnya dilas? Tidak utuh? Tidak punya sertifikasi internasional? Makanya sering kejadian kecelakaan patah roda as belakang.
    Xenia X-tra Nyaman. Masa’ sih? Udah pernah tes drive ertiga blm? saya yakin sih belum, dan kalo sudah, jangan sampai keluar kata kata “nyesel gue beli Xenia” ya.
    Soalnya 3 saudara saya dan 2 teman saya yang punya ANA dan ANX ngomong begitu lho, pas habis tes drive ertiga.
    Udah baca baca majalah/berita otomotif belum? Tunjukin link berita otomotif dari Portal otomotif terpercaya yang mengatakan fitur keamanan dan keselamatan Xenia secara total mengalahkan Ertiga. Yang ada dengan penambahan airbag++ membuat kesal dan penyesalan pemilik Duo kembar sebelumnya yang blm dapet fitur itu. Padahal harganya sama. (Untung taon lalu saya gak jadi beli Xenia, meskipun diskon jor-joran, kalo gak nangis dah).
    Ground Clearace? besapa sih selisihnya? cuma 1,5 cm. naikin jadi ring 17 inch aja udah lebih tinggi dari xenia ko’.
    Sudah teruji? Buktinya butuh waktu 9 tahun untuk merevisi fitur yang katanya Aman dan Nyaman itu karena ada pesaing yang jauh lebih baik. Jangan2 kalo gak ada pesaing gak bakalan ada perbaikan donk? Orang laku keras ini.
    Maaf ya kalo kata kata saya memprovokasi. Silahkan menjadi pembeli pintar, toh juga uang anda sendiri.
    Saya bukan fanboy, tapi kelebihan harus diakui dan kekurangan jangan ditutupi.

-

Author

Follow Me