Xenia vs Ertiga : Pilih Mana Ya?

2 Jul 2013

Xenia vs Ertiga, pilih mana? Baca dulu.

xenia-vs-ertiga

xenia-vs-ertiga

Persaingan antara kendaraan keluarga kelas low-MPV di Indonesia dari tahun ke tahun semakin ramai dan kompetitif. Beragam fitur dan keunggulan pun disematkan oleh tiap-tiap pabrikan pada mobil-mobil andalan mereka guna menarik perhatian para konsumennya. Mulai dari desain eksterior yang modern dan terkesan lebih mewah hingga interior yang lebih luas dan nyaman disertai dengan beragam perangkat hiburan didalamnya.

Alhasil, para konsumen sepertinya semakin dimanjakan oleh pilihan mobil keluarga yang semakin beragam, modern dan mewah tersebut. Disisi lain, konsumen pun menjadi sulit untuk menentukan mobil mana yang terbaik untuk digunakan sebagai mobil keluarga pilihan mereka karena masing-masing pilihan memiliki keunggulannya tersendiri. Guna menilik beragam keunggulan yang tersemat pada mobil serbaguna untuk keluarga ini, berikut rewiew singkat komparasi mengenai keunggulan dan kekurangan mobil low-MPV di Indonesia yang diwakili oleh Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga.

Seperti kita ketahui bahwa Daihatsu Xenia merupakan salah satu mobil keluarga terpopuler di Indonesia hingga saat ini. Hadir pada tahun 2003, Xenia dipasarkan pula oleh pabrikan mobil Toyota dengan nama Avanza, dan sejak saat itu keduanya langsung disukai dan diminati oleh keluarga Indonesia. Bahkan. dapat dikatakan bahwa mobil 7 penumpang dari Daihatsu ini merupakan mobil pertama yang menawarkan fleksibilitas / keserbagunaan (multipurpose) lebih dari sebuah mobil keluarga. Adapun Suzuki Ertiga merupakan mobil keluarga yang baru hadir dan memasuki pasar tanah air pada pertengahan tahun 2012. Kehadirannya memang ditujukan guna menandingi Xenia-Avanza yang telah merajai pasar mobil low-MPV di Indonesia.

Xenia vs Ertiga : Eksterior
Desain yang kompak merupakan ciri khas dari sebuah mobil keluarga serbaguna. Hal itu pula yang diterapkan oleh Daihatsu pada Xenia sejak awal kehadirannya. Dimensi yang tidak terlalu besar namun cukup luas untuk memuat semua anggota keluarga sepertinya memang menjadi patokan utama. Tidak hanya itu, Daihatsu pun terus mengembangkan desain Eksterior Xenia hingga menjadi apa yang hadir saat ini.

Perubahan yang cukup drastis pada eksterior Xenia terjadi pada 2012 yang lalu melalui tagline All New Xenia. Desain yang modern dengan lekukan-lekukan bodi aerodinamis menambah kesan Xenia sebagai mobil keluarga masa kini yang tidak hanya elegan dan modern tetapi juga dinamis.

Desain yang modern dari mobil keluarga yang satu ini ternyata tidak hanya sekedar sebagai pemanja mata. Namun lebih dari itu, memiliki nilai fungsional yang lebih tinggi. Posisi grill misalnya, dipasang lebih tinggi untuk menyesuaikan posisi mesin yang juga lebih tinggi dari para kompetitornya, sehingga Xenia lebih aman ketika melintasi genangan air, bahkan hingga 50 cm.

Adapun Suzuki ertiga, memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan dengan Xenia, sehingga menjadikannya kurang lincah ukarena memiliki radius putar yang lebih besar pula. Dan untuk eksterior, desain Ertiga merupakan desain terapan dari Suzuki Swift yang memang sudah tidak asing lagi. Meskipun samasama modern jika dibandingkan dengan Xenia, namun Ertiga terkesan monoton karena adanya unsur Swift tersebut.

Xenia vs Ertiga : Interior
Pada bagian interior, kabin All New Xenia saat ini terasa makin mewah dan elegan, khususnya dengan adanya penerapan silver ornament dibeberapa bagiannya. Kombinasi warna silver tersebut pun mampu memberikan nuansa yang lebih fresh dan stylish pada bagian interior mobil yang masih menjadi pilihan nomor 1 keluarga Indonesia ini.

Tidak hanya berhenti disana, penggunaan kursi yang lebih tebal, kualitas kulit terbaik dan posisi kursi yang dapat diatur maju-mundur secara independent sesuai kebutuhan pun mampu memberikan rasa nyaman yang lebih bagi siapapun yang berada didalamnya. Hebatnya, maskipun kursi lebih tebal, ruang gerak untuk kaki dan kepala masih tetap lega dan nyaman.

Kenyamanan lebih dapat dirasakan pada All new Xenia melalui adanya fitur Audio dan perangkat AC Double Blower dengan Upper Air Vent yang mampu membuat kabin lebih cepat dingin dengan merata.

Pada Suzuki Ertiga, kursi yang digunakan sama-sama memiliki ketebalan yang cukup, namun ruang gerak terasa tidak seluas pada Xenia. Kesan mewah, stylish dan nyaman ruang kabin pada mobil low-MPV andalan Suzuki ini pun tidak melebihi apa yang terdapat pada Xenia. Begitu pula dengan perangkat audio dan AC yang terdapat didalamnya.

Xenia vs Ertiga : Fitur
Fitur-fitur yang terdapat pada sebuah mobil kategori multipurpose sangatlah berarti meskipun kecil. Daihastu sepetinya paham betul akan hal tersebut. Melalui pengalaman panjangnya, Xenia mampu menyuguhkan setiap kebutuhan yang diperlukan guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Setidaknya ada 10 fitur utama pada Xenia yang berkaitan dengan sisi kenyamanan dan keamanan. Dan hal itu pula yang menjadi keunggulan Xenia pada generasi terbarunya saat ini yang hadir dengan slogan X-Tra Aman dan X-Tra Nyaman.

X-Tra Aman
Demi meningkatkan faktor X-Tra Aman, Daihatsu membekali All New Xenia dengan beragam fitur keamanan yang didasarkan pada teknologi terkini. Diantaranya, Dual SRS Airbag, Seat belt Pretensioner dan Force Limiter, Knee Pad, Collapsible Brake Pedal, Collapsible Steering Column dan Body Reinforcement.

Semua fitur kemanan yang diaplikasikan tersebut telah memiliki Sertifikasi dari ASEAN New Car Assessment Program (NCAP) sehingga terjamin kualitas dan keunggulannya.

X-Tra Nyaman
Sedangkan untuk menambah unsure kenyamanan, All New Xenia dilengkapi dengan New Interior Design yang lebih fresh dan stylish. Ditambah beragam fitur lain seperti kursi dengan bahan berkualitas dan tidak membatasi ruang gerak, AC Double Blower dengan Upper Air Vent yang membuat ruang lebih cepat sejuk, perangkat Audio 2 DIN dengan fitur lengkap AM FM, DVD, CD, MP3, GPS dan USB Touchscreen, khusus di tipe R Sporty dan Attivo dan Cabin Air Filter yang membuat udara di dalam kabin selalu bersih.

Selain itu Xenia juga dilengkapi dengan Noise Vibration Level yang mampu membawa kenyamanan dan ketenangan lebih di dalam kabin.
Adapun fitur-fitur yang melengkapi Suzuki Ertiga, selain fitur hiburan standar yang tak kalah bagus dari Xenia seperti fiturhead unit audio 2 DIN untuk CD, MP3, USB Aux plus radio AM/FM dan lainnya, fitur keamanan yang tersemat didalamnya pun belum selengkap All New Daihatsu Xenia. Bahkan sepertinya masih belum memiliki Sertifikasi dari ASEAN New Car Assessment Program (NCAP) seperti yang telah dimiliki Xenia.

Hal lain dari keseluruhan perbandingan diatas dan juga tak kalah penting, khususnya untuk kondisi kota seperti Jakarta, adalah Ground Clearance dan Suspension.

Xenia memiliki Ground Clearance yang lebih tinggi dibandingkan dengan Suzuki Ertiga. Kondisi tersebut menyebabkan performa Xenia lebih baik pada jalanan yang berlubang dan rusak tanpa menyebabkan body bagian bawah mentok, sehingga Xenia masih tetap memberikan performa yang optimal di berbagai kondisi jalan.

Adapun mengenai suspensi, Xenia memiliki suspensi yang lebih panjang dibandingkan Ertiga. Hal tersebut pula yang menjadikan performa Xenia menjadi lebih baik pada jalan yang bergelombang. Sementara pada Ertiga, saat melintasi jalan yang bergelombang, cenderung tidak stabil terutama pada roda belakang yang akan terangkat karena suspensinya yang lebih pendek.

So pilih mana? Terserah Anda.


TAGS Xenia vs Ertiga all new xenia suzuki ertiga komparasi


-

Author

Follow Me