Pariwisata Depok, Berkembang Menarik Para Wisatawan

28 Jun 2016

Dalam rangka menungkatkan sektor Pariwisata dan Budaya di kotanya, Kota Depok menginformasikan bakal berguru pada Kota Padang. Hal itu diungkapkan Walikota Depok, Mohammad Idris ketika menerima lawatan Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah ke Depok yang dapat dinikmati dengan jasa rental mobil depok, beberapa waktu belakangan ini. “Padang yang merupakan Kota Wisata, terdapat keeratan budaya dan dari sisi religiusitas, ini ialah suatu hal yang kami amati dari sana. Lalu dilanjutkan pada pelestarian budaya, di wilayah maleyu tersebut banyak budaya yang bernuansa melayu yang dapat diterapkan,” kata Idris.

Terkait dengan kota Padang dari sisi kota wisata, umumnya kota wisata sudah mengimplementasikan partnership dalam program Sister City. Namun, ucap Idris, Depok tidak terdapat program tersebut. Padahal, itu dibutuhkan untuk meminimalisir permasalahan-permasalah yang terdapat di kota. “Kota Depok masih merintis, untuk menyuguhkan fasilitas, mengidentifikasi potensi wisata yang mesti disiapkan sarana dan prasarananya. Kemudian, baru dijadikan program utama untuk jadi kota wisata,” ucapnya.

Pariwisata di Depok, anggaran serta pengelolaan objek wisatanya masih kurang. Ditambah lagi, dinasnya juga belum bisa menjadi badan yang terpisah. Adapun, kata Idris, pada sisi seni dan budaya kewenangannya masih pada Dinas Pendidikan. “Wisata mau ditujukan kemana, ketika pariwisata belum mampu menjadi dinas independen, kemungkinan nanti ke Disperindag, di sana dapat dikembangkan pariwisatanya,” lanjutnya.

Disisi lain, Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, menyebutkan, sejak lama Kota Padang dan Depok telah mengadakan kerjasama, yakni untuk bidang pengelolaan dan penangan sampah dan ketahanan pangan. “Swasana pangan di Padang ditingkatkan lagi mengarah kepada keamanan pangan,” ucap Mahyeldi.

Ia menjelaskan, dari Depok, pihaknya melakukan studi manajemen sampah, sebab Padang pun fokus dalam penanganan sampah dan keindahan kota. “Ketika itu, Walikotanya masih pak Nur Mahmudi Ismail, beliau yang jadi pembicara,” tuturnya.

Padang saat ini sedang menggalakkan The Gateway of Ayora. Karena, Padang telah dua kali mengadakan event internasional. “Sebab Padang ada di Pantai barat dan paling besar kota serta pelabuhannya di Sumatera,” ungkapnya.

Kejahatan Di Kota Depok

Sebagaimana kota-kota besar di wilayah lain, kota Depok pun tak terhindarkan dari kejahatan yang bisa mengurangi kenyamanan wisata buat para pengunjung ke kota tersebut. Sebagaimana yang dikerjakan oleh beberapa orang yang diyakini sebagai geng motor, menyerang sejumlah pemuda yang sedang ngobrol di kawasan Grand Depok City, Minggu (19/6/2016) sekitar pukul 02.00 WIB. Akibat serangan itu, tiga orang cidera karena bacokan.

Terkait dengan masalah ini, Kapolresta Depok, AKBP Harry Kurniawan menyatakan, kejadian itu bermula ketika puluhan pemuda menggunakan sepeda motor dengan membawa senjata tajam tiba-tiba saja melakukan penyerangan kepada beberapa pemuda yang diidentifikasi dari anggota Club Suzuki Satria FU (CSSFU), dan tengah santai di muka minimarket yang ada di Grand Depok City Sukmajaya.

“Dari penyerangan tersebut terdapat tiga pemuda terkena bacokan. Dua orang mengalami luka di kepala, dan satu orang luka di punggung,” ungkap Harry, kepada Radar Depok, Minggu (19/06/2016).

Selain itu lanjut Harry, para pelaku berjumlah puluhan menggunakan kendaraan roda dua sekitar 20 motor, dengan kisaran umur 20 sampai dengan 30 tahun. Akan tetapi, para pengeroyok itu tidak memakai jaket khusus dan motor yang dipakai tidak dilengkapi plat nomor depan-belakang.

Aksi pengeroyokan sangat cepat. Tak lama kemudian, polisi sampai di lokasi kejadian. Berdasarkan keterangan saksi, penyerang mayoritas memakai masker penutup wajah datang dari arah Citayam.

“Mereka merusak beberapa motor, mencuri barang milik korban seperti handphone, uang, dan helm,” tutur Harry.

Atas kejadian ini, Harry mengimbau masyarakat khususnya komunitas motor yang sering nongkrong di jalan saat akhir pekan, untuk tidak keluyuran saat malam hari guna mencegah aksi kriminalitas.


TAGS wisata depok


Comment
-

Author

Follow Me